Sastra Afrika di Indonesia Dramatic Reading Festival 2015

10 Nov
SAMSUNG CSC

Sangkala membaca naskah lakon Dua Perempuan Bersaudara karya Shinta Febriany di IDRF 2015.

SAMSUNG CSC

Lilo Acting School membaca naskah lakon Kang Sarpin Minta Dikebiri karya Ratih Kumala di IDRF 2015.

Membaca selalu identik dengan kegiatan yang individual, namun tidak demikian di Indonesia Dramatic Reading Festival. Kegiatan membaca bisa dilakukan dengan bekerja sama. Tidak hanya itu saja, membaca pun bisa menjadi sebuah tontonan.

Selama dua hari, tanggal 4 dan 5 Nopember 2015 telah digelar Indonesia Dramatic Reading Festival (IDRF) 2015. IDRF adalah festival pembacaan naskah lakon yang diselenggarakan setahun sekali. Seperti tahun sebelumnya, IDRF yang ke-6 ini juga digelar di Lembaga Indonesia Prancis, Yogyakarta. Meski bukan dalam jumlah yang sangat besar, IDRF selalu memiliki massa penontonnya sendiri.

Tahun ini IDRF menggunakan “Alih Wahana” sebagai dasar penulisan naskah lakon. Seperti novel yang kemudian diadaptasi menjadi film, atau puisi yang dijadikan lirik lagu, di IDRF 2015 naskah lakon yang ditulis berangkat dari karya sastra yang berupa cerita pendek.

Bekerja sama dengan Biennale Jogja XIII yang menyelenggarakan pameran bersama seniman-seniman dari Nigeria, pada IDRF 2015 juga mengenalkan karya sastra dari benua Afrika. Dua buah cerpen yang digubah menjadi naskah lakon merupakan karya sastrawan dari Ghana dan Malawi.

Pada hari pertama kelompok teater Sangkala dari UNY tampil apik membaca naskah lakon karya Shinta Febriany yang berjudul Dua Perempuan Bersaudara. Naskah lakon tersebut hasil gubahan dari cerpen penulis Ghana, Ama Ata Aidoo, yang diterjemahkan oleh Sapardi Djoko Damono. Selain Sangkala, pembaca naskah lakon di IDRF 2015 dari Lilo Acting School.

Terdapat juga nama Bagus Sumartono, Febrinawan Prestianto, dan Ratih Kumala sebagai penulis naskah lakon di IDRF 2015. IDRF diselenggarakan untuk memberikan ruang bagi penulis-penulis naskah lakon di Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: